Selamat Datang di Situs Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Situs Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus Powered By GSpeech
Minggu, 17 Desember 2017

   

Rapat Bulanan September 2017

web

Medan (15/09/2017). Pada hari Jum'at, 15 September 2017, pada pukul 09.00 Wib bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus, dilaksanakan rapat bulanan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus, Bapak Dr. Marsudin Nainggolan, SH., MH. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, diikuti dengan laporan dari bidang kepaniteraan yang di bacakan oleh Panitera, Bapak Marten Teny Pietersz, S.Sos, SH., MH, laporan dari bidang kesekretariatan yang di bacakan oleh Sekretaris, Ibu Leliana Sari Harahap, SH., MH, dan laporan dari koordinator pengawas dan Ketua Tim Reformasi Birokrasi oleh Wakil Ketua, Bapak Wahyu Prasetyo Wibowo, SH., MH. Setelah mendengarkan laporan dari semua bagian, acara kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari Ketua, Bapak Dr. Marsudin Nainggolan, SH., MH.

DSC 0016

Setelah pengarahan tentang evaluasi kinerja pengadilan, acara dilanjutkan dengan Sosialisasi Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Di Bawahnya. Sejauh ini MA telah mengeluarkan banyak regulasi yang mengatur pengawasan hakim. Di antaranya Peraturan Mahkamah Agung No 7 Tahun 2016 tentang penegakkan disiplin kerja hakim pada MA dan badan peradilan di bawahnya, Peraturan MA No 8 Tahun 2016 tentang pengawasan dan pembinaan atasan langsung di lingkungan MA dan badan peradilan di bawahnya, dan Peraturan MA No 9 Tahun 2016 tentang pedoman penanganan pengaduan di MA dan badan di bawahnya. Berikut empat poin isi dari Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia No 01/Maklumat/KMA/IX/2017: 

  1. Meningkatkan efektifitas dalam hal terjadinya pelanggaran hakim aparatur MA dan badan peradilan di bawahnya dengan melakukan pengawasan dan pembinaan di dalam dan di luar secara berkala dan berkesinambungan.
  2. Memastikan tidak ada lagi yang melakukan perbuatan yang merendahkan wibawa kehormatan dan martabat MA dan badan peradilan di bawahnya. 
  3. Memahami dan memastikan terlaksananya kebijakan MA khususnya di bidang pengawasan dan pembinaan di lingkungan MA dan badan peradilan di bawahnya. 
  4. MA akan memberhentikan pimpinan MA atau pimpinan badan peradilan di bawahnya secara berjenjang dari jabatannya jika ditemukan bukti proses pengawasan dan pembinaan tersebut tidak dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Selain itu, MA juga tidak akan memberi bantuan hukum kepada hakim di MA dan badan peradilan di bawahnya yang diduga melakukan tindak pidana ataupun yang sudah berproses di pengadilan. 

Setelah semua agenda rapat selesai dilaksanakan, acara kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

DSC 0023  DSC 0024 
© 2017 Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech