Selamat Datang di Situs Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Situs Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus Powered By GSpeech
Sabtu, 23 Maret 2019

   

Pengawasan Internal

Pengadilan Negeri Medan selama tahun ini telah melakukan pengawasan, baik yang berkaitan dengan tugas — tugas Administrasi teknis maupun tugas - tugas Administrasi Kesekretariatan. Adapun upaya pengawasan di bidang internal tersebut di Pengadilan Negeri Medan setiap bulan diadakan rapat bulanan yang mengikut sertakan seluruh pejabat struktural maupun pejabat teknis dan seluruh karyawan di lingkungan Pengadilan Negeri Medan. Dalam rapat bulanan tersebut dilakukan evaluasi hasil pekerjaan selama sebulan sebelumnya oleh bagian kesekertariatan maupun kepaniteraan dan evaluasi pelaksanaan penanganan perkara yang ditangani oleh Hakim Panitera pengganti dan Jurusita. Untuk hasil dan evaluasi tersebut setelah dipaparkan dalam rapat bulanan tersebut maka seluruh pejabat teknis maupun struktural yang menangani tugas - tugasnya dapat di kontrol sudah sejauh mana tugas yang dilaksanakan serta kendala- kendala apa saja yang dihadapinya untuk dapat menghasilkan hasil tugas yang optimal. BahwaPengadilan Negeri Medan dalam hal pelaksanaan pengawasan telah mengacu kepada keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No: KMA/080/SK/VIII/2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di lingkungan Lembaga Peradilan.

Pengawasan Internal dalam hal ini adalah pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan dilingkungan Pengadilan Tinggi Agama Medan yang dalam pelaksanaannya dikordinir oleh Wakil Ketua yang terdiri atas Pengawasan Melekat dan Pengawasan Fungsional.

 

A. PENGAWASAN MELEKAT
Pengawasan Melekat adalah serangkaian kegiatan yang bersifat sebagai pengendalian yang terus menerus, dilakukan oleh atasan langsung terhadap bawahannya secara preventif dan represif, agar pelaksanaan tugas bawahan tersebut berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan rencana kegiatan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


B. PENGAWASAN FUNGSIONAL
Pengawasan Fungsional adalah pengawasan yang dilakukan oleh aparat pengawasan yang khusus ditunjuk untuk melaksanakan tugas tersebut dalam satuan kerja tersendiri yang diperuntukkan untuk itu. Di lingkungan lembaga peradilan, pengawasan fungsional ini dilaksanakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.


Pengawasan dimaksudkan untuk memperoleh infomasi apakah penyelenggaraan tehnis peradilan, pengelolaan administrasi peradilan, dan pelaksanaan tugas umum peradilan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengawasan juga dimaksudkan untuk memperoleh umpan balik bagi kebijaksanaan, perencanaan dan pelaksanaan tugas-tugas peradilan, mencegah terjadinya penyimpangan administrasi dan ketidakefisienan penyelenggaraan peradilan serta menilai kinerja.

 

© 2017 Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech