Selamat Datang di Situs Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Situs Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus Powered By GSpeech
Minggu, 20 Januari 2019

   

Hak-Hak Pemohon Informasi

 I. Pemohon Informasi berhak untuk meminta seluruh informasi yang berada di Badan Publik, kecuali:

(a) informasi yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi dapat:

- Menghambat proses penegakan hukum;

- Menganggu kepentingan perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan perlindungan dari persaingan usaha tidak sehat; Membahayakan pertahanan dan keamanan Negara;

- Mengungkap kekayaan alam Indonesia;

- Merugikan ketahanan ekonomi nasional; Merugikan kepentingan hubungan luar negeri;

- Mengungkap isi akta otentik yang bersifat pribadi dan kemauan terakhir ataupun wasiat seseorang;

- Mengungkap rahasia pribadi;

- Memorandum atau surat-surat antar Badan Publik atau intra Badan Publik yang menurut sifatnya dirahasiakan kecuali atas putusan Komisi Informasi atau Pengadilan;

- Informasi yang tidak boleh diungkapkan berdasarkan Undang-undang.

(b)   Badan Publik juga dapat tidak memberikan informasi yang belum dikuasai atau didokumentasikan.

 

II. PASTIKAN ANDA MENDAPAT TANDA BUKTI PERMOHONAN INFORMASI BERUPA NOMOR PENDAFTARAN KE PETUGAS INFORMASI/PPID.  Bila tanda bukti permohonan  informasi tidak diberikan, tanyakan kepada petugas informasi  alasannya, mungkin permintaan informasi  anda kurang lengkap.

III. Pemohon Informasi berhak mendapatkan  pemberitahuan tertulis  tentang diterima atau tidaknya permohonan informasi dalam jangka waktu  10 (sepuluh) hari kerja  sejak diterimanya permohonan informasi oleh Badan Publik. Badan Publik dapat memperpanjang waktu untuk memberi jawaban tertulis 1 x 7 hari kerja,  dalam hal: informasi yang diminta belum dikuasai/didokumentasikan/ belum dapat diputuskan apakah informasi yang diminta termasuk informasi yang dikecualikan atau tidak.

IV. Biaya yang dikenakan bagi permintaan atas salinan informasi berdasarkan surat keputusan Pimpinan Badan Publik adalah (diisi sesuai dengan surat keputusan Pimpinan Badan Publik)

V. Apabila  Pemohon Informasi tidak puas dengan  keputusan Badan Publik (misal: menolak permintaan Anda atau memberikan hanya sebagian yang diminta), maka pemohon informasi dapat mengajukan  keberatan  kepada  atasan PPID  dalam jangka waktu  30 (tiga puluh) hari kerja  sejak permohonan informasi ditolak/ditemukannya alasan keberatan lainnya. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan tertulis atas keberatan yang diajukan Pemohon Informasi selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterima/dicatatnya pengajuan keberatan dalam register keberatan.

VI. Apabila Pemohon Informasi tidak puas dengan keputusan Atasan PPID, maka pemohon informasi dapat mengajukan  keberatan  kepada Komisi Informasi  dalam jangka waktu  14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID oleh Pemohon Informasi Publik.

© 2017 Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech